Siapa yang tidak mengenal Turki? Semua pasti sudah familiar dengan negara satu ini. Terlebih lagi, Turki menjadi salah satu destinasi favorite para public figure Indonesia yang sering kali memamerkan photo sedang naik balon udara di akun Instagram mereka. Yap benar itu adalah Cappadocia, tempat yang menjadi viral di kalangan masyarakat Indonesia berkat series hits yang berjudul Layangan Putus. Gimana? Sudah tertarik untuk mengunjungi negara yang memiliki empat musim ini?

Sebelum kamu pergi ke Turki, ada baiknya untuk mengetahui lebih banyak lagi tentang negara ini supaya liburannya lebih menyenangkan dan berkesan. Turki terletak di antara benua Asia dan Eropa itulah sebabnya Turki memiliki empat musim. Negara yang kaya akan sejarah ini juga memiliki keindahan alam yang dapat membuat siapapun terkagum-kagum. Maka tidak heran jika Turki memiliki banyak destinasi wisata yang terkenal di dunia. Itulah kenapa kita akan merangkum berbagai destinasi wisata sebagai referensi untuk liburan sekolah kamu.

1. Hagia Sophia

Akan sangat disayangkan kalau kamu pergi ke Turki tetapi tidak mengunjungi Hagia Sophia atau yang biasa disebut sebagai Aya Sofya karena ini merupakan ikon dari Turki dan kota Istanbul. Bangunan yang awalnya gereja ini kemudian dialih fungsikan sebagai museum, kini ditetapkan sebagai masjid oleh Presiden Erdogan sejak tahun 2020. Bangunan bersejarah ini adalah lokasi yang paling diburu saat berkunjung ke Istanbul karena kamu tidak hanya akan mendapatkan photo-photo yang bagus dan aesthetic namun juga akan membawa pengetahuan sejarah yang tak ternilai. Dilansir dari tourscanner, Hagia Sophia memasang tarif sebesar 15-dollar atau sekitar 221.190,00 jika dikonversikan ke dalam rupiah hanya untuk satu tiket orang dewasa. Sedangkan untuk anak di bawah 8 tahun, tidak perlu merogoh kocek lagi alias gratis. Pembelian tiketnya bisa dibeli lewat online ataupun di loket pintu masuk jika kamu rela mengantri terlebih lagi pada akhir Mei hingga September yang menjadi peak season-nya. Satu hal lagi yang perlu kamu tahu ketika mengunjungi Hagia Sophia adalah dilarang membawa tripod jadi cukup memotret menggunakan handphone saja.

2. Blue Mosque

Blue Mosque atau disebut juga Masjid Biru merupakan bangunan yang berdiri pada zaman Sultan Ahmed 1 ini terletak di Istanbul, Turki. Disebut masjid biru karena keramik-keramik yang menutupi dinding serta kubahnya berwarna biru. Terlebih lagi jika kamu datang ke tempat ini saat menjelang sore karena kubah yang megah ini akan terkena pantulan sinar matahari yang tidak terlalu panas ditambah dengan terpaan angin sepoi sepoi dari laut Marmara yang akan membuat kamu mengagumi indahnya dan betapa megahnya bangunan ini. Jangan lupa jika kamu akan mengunjungi Masjid Biru harus mengenakan pakaian yang sopan khususnya untuk wanita memakai hijab

3. Bosphorus

Bosphorus adalah selat yang memisahkan antara benua Eropa dan Asia. Selain itu, ia juga memisahkan laut Marmara dengan laut Hitam. Salah satu cara untuk menikmati keindahan kota Istanbul adalah dengan menggunakan cruise yang berlayar sepanjang selat Bosphorus. Di kanan dan kiri kita bisa merasakan sensasi dan keindahan bangunan-bangunan yang berarsitektur khas eropa hingga mediterania dan landscape kota yang akan memanjakan mata. Selain itu bakalan ada beberapa objek yang bisa kamu temukan saat tour Bosphorus cruise ini, yang pertama adalah Istana Dolmabahce yang dibangun menyerupai istana-istana yang ada di Eropa dengan segala kemewahan dan kemegahannya. Kedua adalah Maiden Tower yang terletak di tengah-tengah selat bagaikan sebuah pulau kecil. Sempat mengalami beberapa perubahan fungsi, Maiden Tower kini menjadi restoran dan yang terakhir adalah kamu bakalan melihat perumahan yang menawan dan mahal. Lokasinya berada di tepian benua Asia yang dibangun ratusan tahun lalu. Harganya tidak main-main karena bisa mencapai belasan hingga ratusan miliar. Untuk harga tiket cruise nya bervariasi mulai dari 100 ribuan hingga 700 ribu tergantung paket yang dipilih.

4. Cappadocia

Jika berbicara mengenai Turki, maka Cappadocia adalah salah satu hal pertama yang melintas di benak kita semua. Selain sempat viral karena pernah masuk ke dalam salah satu dialog series “Layangan Putus” keindahan sejarah, budaya, dan geologisnya pun yang membuat kota ini terasa sangat spesial. Cappadocia sendiri merupakan salah satu kota tertua di Turki yang menyuguhkan banyak wisata populer. Salah satunya adalah wisata balon udara yang menjadi ciri khas dan wajib dicoba saat mengunjungi Cappadocia. Keberadaan balon udara ini menyita banyak perhatian dari para tourists karena akan dimanjakan dengan indahnya formasi bebatuan yang dijuluki sebagai Fairy Chimneys sekitar 1,5 sampai 2 jam lamanya. Sehingga tak heran jika para pelancong tersebut berani membayar sekitar Rp. 1,2 Juta untuk setiap penyewaan private tour. Seperti yang disebutkan oleh Turkey Tourism, banyak hal lain yang bisa kamu eksplor selain menaiki balon udara seperti mengunjungi Kota Bawah Tanah, Lembah Mawar hingga mengunjungi Cavusin. Jika mengunjungi balon udara di Cappadocia jangan lupa untuk mengabadikan momennya lewat kamera handphone mu.

Nah, itulah tempat tempat menarik di Turki versi kami. Sudah memutuskan untuk travelling ke Turki saat liburan sekolah nanti? Atau masih bingung? Jangan khawatir karena kamu bisa menghubungi mytravelink yang akan membawa kamu jalan jalan dan segera booking paket liburan ke Turki nya because it is your dream not her! Untuk informasi lebih lanjut kunjungi akun Instagram kami di @mytravelink atau whatsapp di no 082120282823

Leave a Reply

Your email address will not be published.