Negara yang terletak di dua benua sekaligus ini, yaitu berada di Benua Asia dan Benua Eropa memang kerap kali menjadi destinasi favorite para pelancong di seluruh dunia khususnya Indonesia. Tidak heran karena Turki menawarkan banyak tempat-tempat yang menarik serta perpaduan budaya timur dan barat yang juga menjadi ciri khas negara ini. Salah satu tempat yang sedang viral dan paling banyak menjadi perbincangan adalah Cappadocia. Dengan itu, siapa yang tidak minat untuk menghabiskan waktu liburan ke Turki? Tetapi ada banyak hal yang harus dipersiapkan, terlebih lagi jika ini adalah kali pertama kamu liburan ke sana. Yuk, simak apa saja yang harus kamu lakukan agar liburannya semakin happy.

1. Visa

Kabar gembira bagi seluruh masyarakat Indonesia yang ingin mengunjungi Negara Hagia Sophia tersebut karena pada akhir tahun 2021, pemerintah Turki mengeluarkan kebijakan baru berupa peraturan bebas visa bagi Warga Negara Indonesia (WNI). Namun tentu saja dengan beberapa peraturan yang berlaku yaitu, tidak melebihi 30 hari baik dalam rangka melakukan perjalanan wisata maupun transit dan WNI yang memegang paspor biasa.

2. Cari Tahu Waktu Terbaik untuk Mengunjungi Turki

Karena Turki memiliki empat musim, maka kamu harus menentukan kapan waktu terbaik untuk berkunjung ke sana lantaran beda musim beda juga tempat yang sesuai untuk didatangi. Jika kamu ingin melihat festival tulip yang diadakan setiap tahun maka Maret hingga Mei adalah waktu yang cocok. Sedangkan jika kamu lebih senang melakukan kegiatan outdoor, bulan Juni hingga Agustus adalah pilihannya karena pada saat itu Turki sedang mengalami musim panas dan bulan Desember sampai Februari adalah untuk orang-orang yang senang menikmati dinginnya salju.

3. Persiapkan Transportasi dan Akomodasi

Setelah menentukan kapan kamu akan berangkat, hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah membeli tiket pesawat, booking penginapan, dan transportasi. Kamu bisa memesan tempat penginapan di lokasi yang strategis melalui platform online yang saat ini banyak tersedia. Sedangkan untuk transportasi, Turki bisa dibilang maju dalam hal ini. Ada beberapa pilihan moda transportasi yang akan memudahkan kamu ketika di sana, seperti bus, tramway, dan metro. Untuk jarak dekat kamu bisa memilih bus sedangkan tramway digunakan jika ingin berpergian ke luar kota karena tramway ini juga terhubung ke jalur Eropa dan Asia.

4. Membuat Itinerary

Kamu juga perlu mempersiapkan rincian kegiatan yang akan dilakukan selama di Turki. Hal ini dikarenakan untuk menyesuaikan budget yang perlu dikeluarkan selama di sana juga destinasi wisata yang ingin dikunjungi. Dengan membuat itinerary atau rencana perjalanan, liburan kamu akan lebih terjadwal dan membuat waktu tidak terbuang dengan percuma. Kemudian, cari tahu lebih detail tentang destinasi impian seperti waktu, harga tiket, dan transportasinya.

5. Siapkan Kartu SIM

Rasanya kurang pas ketika kamu berlibur ke luar negeri tetapi tidak bisa posting photo ataupun video ke Insta Story. Untuk melakukan itu, tentunya diperlukan koneksi internet. Tapi bagaimana caranya? Tenang saja kamu tidak usah khawatir karena ada beberapa pilihan agar tetap bisa update di media sosial, seperti membeli Kartu SIM lokal sana tetapi tentu saja kamu harus rela merogoh kocek lebih dalam karena jika stay di sana lebih dari satu minggu maka harus mendaftar dulu ke pemerintah dengan data paspor dan tentu saja tidak gratis. Hal selanjutnya adalah membeli provider unggulan yang ada di Turki seperti Avea dan Turk Cell setelah itu kamu baru bisa membeli paket data. Namun, ada alternatif lain yang jauh lebih hemat, yaitu dengan Wi-Fi gratis di tempat tempat umum seperti bandara, restaurant ataupun hotel.

6. Mempelajari Bahasa Lokal

Tak jarang salah satu kendala yang sering dialami saat liburan ke luar negeri adalah komunikasi karena adanya perbedaan bahasa. Meskipun kita bisa menggunakan B.Inggris, namun tidak semua orang menguasainya. Oleh karena itu, lebih baik kamu mempelajari bahasa lokal sehari-hari sebelum berangkat ke sana. Seperti bertanya arah jalan, harga, dan juga kalimat sapaan. Dengan begitu, ini akan mempermudah kamu selama menghabiskan waktu ketika di Turki. Selain percaya diri, kamu juga harus percaya diri dalam menggunakan bahasanya.

7. Menukarkan Mata Uang

Turki menggunakan mata uang lira untuk bertransaksi secara tunai dan untuk tourist bisa menggunakan kartu kredit atau ATM. Namun, jangan terlalu bergantung terhadap dua hal itu karena tidak semua mesin di Turki bisa menerima kartu ATM bank asing. Selain itu ada biaya tambahan yang harus dikeluarkan dengan nominal yang tidak murah. Maka dari itu, pastikan selalu bawa uang tunai. Jangan lupa untuk menyimpannya di tempat yang aman dan selalu waspada.

Ketika ingin melakukan vakansi tentu saja memerlukan banyak persiapan dan rencana yang matang terlebih lagi ke luar negeri dan itulah beberapa tips simple dan mudah untuk pemula yang harus dilakukan sebelum pergi ke Turki dan semoga bisa membantu perjalanan kamu menjadi lebih nyaman dan menyenangkan, Namun, jika tidak ingin ribet dan masih ragu untuk melakukannya secara sendiri, kamu bisa menggunakan jasa tour mytravelink untuk menemani kamu berkunjung ke destinasi-destinasi idaman yang ada di Turki dan akan membuat kamu bisa bertemu dengan banyak teman baru. Untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi 082120282823 atau akun Instagram kami di @mytravelink, bisa juga kunjungi website kami di http://mytravelink.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published.