Korea merajai koneksi internet dengan kecepatan rata-rata yang mencapai hingga 121 megabit per sekon (Mbps) pada Speedtest Global Indeks yang diberitakan oleh Internet Analyst Ookla. Kecepatan ini 3 kali lipat lebih dari rata-rata kecepatan dunia dengan 35.96 Mbps. 

Selain itu, operator lokal terkemuka Korea Selatan juga, SK Telecom, disebut sebagai jaringan seluler tercepat kedua di dunia dalam penilaian Speedtest Ookla untuk quarter kedua dan ketiga pada tahun 2020. Sedangkan yang teratas adalah Etisalat di U.A.E. SK Telecom merupakan operator satu-satunya dari Korea Selatan yang masuk kedalam top 10.

Seorang ahli industri mengatakan jika Korea merupakan negara pertama di dunia yang mengkomersilkan layanan jaringan 5G yang memiliki peningkatan kualitas layanan internet dengan memiliki bandwidth menengah untuk jangkauan yang luas secara cermat.

Dalam pemberitaan koran Amerika Serikat tertulis “Internet yang super cepat? Korea Selatan menang, Us tertinggal jauh”… dan fakta ini selalu berulang setiap kali data internet dirilis. Tapi, mengapa internet di Korea Selatan selalu berada di urutan pertama secara konsisten? Apakah ini karena teknologi?

Alasan pertama adalah karena rencana matang dari pemerintah. Beberapa tahun silam, IDG Connect melakukan wawancara dengan Linda Butcher seorang Direktur Media Relations dan Public Affairs di Institut Ekonomi Korea. Ia menjelaskan perubahan internet sebagai “top-down”. Secara kultur, masyarakat Korea Selatan sangat mempercayai pada kinerja pemerintah yang memimpin inisiatif dalam mengerjakan hal hal penting. Sehingga kebijakan internet yang diambil dikerjakan secara tepat dan memberikan awal yang baik serta terus membuahkan hasil.

Kedua adalah kepadatan penduduk kota. Korea Selatan terkenal dengan skyscraper dan city light nya dengan kurang lebih 53 juta penduduk berada di area perkotaan. Hal ini menyebabkan kecepatan internet lebih mudah dicapai. Dengan tingginya proporsi orang Korea Selatan yang tinggal di apartemen mengurangi biaya untuk infrastruktur dan mempermudah pengembangan jaringan seperti yang dikatakan oleh International Telecommunication Union. Koneksi Fiber Optik memerlukan biaya yang tidak sedikit untuk didirikan – namun di Korea Selatan kesenjangan fisik bukanlah menjadi masalah yang besar.

Alasan berikutnya adalah industri swasta. Seperti yang disinggung oleh Linda Butcher yang mengatakan bahwa pemerintah korea memiliki peran yang sangat vital dalam mendukung adaptasi internet di Korea, ia juga menambahkan bahwa perusahaan perusahaan Korea membantu banyak dalam hal struktural. Ini merupakan contoh yang brilian dari hubungan antara bisnis swasta dan pemerintahan di Korea Selatan. Saat ini sektor industri yang bergerak di bidang IT seperti Samsung dikenal secara internasional dikarenakan mereka mendapatkan dukungan yang penuh dari pemerintahnya sendiri. Sikap proaktif yang diambil oleh pemerintah terhadap industri di negaranya mendorong inovasi serta persaingan dan sebagai hasil dari kerja sama antara sektor swasta dan publik ini, ekonomi yang dihasilkan dari perkembangan teknologi pun meningkat dan memberikan manfaat bagi warganya. 

Alasan yang terakhir adalah budaya korea nya sendiri. Padahal sebelum abad ke-20, Korea mendapatkan julukan sebagai “The Hermit Kingdom”, namun mereka telah membalikan sebutan itu dengan merangkul politik, ekonomi, dan budaya globalisasi secara bersamaan. Butcher memaparkan, “Ketika (orang-orang Korea) telah mengerjakan sesuatu, mereka akan memberikan 100% potensi yang mereka miliki. Budaya di Korea sangat menekankan pentingnya work ethic dan ketekunan. Ketika mereka mengarahkan pandangan mereka pada teknologi, maka tidak ada kata untuk mundur.

Pemerintah Korea berusaha dan sadar akan pentingnya internet sebagai sarana untuk edukasi dan perkembangan – sebuah citra yang menangkap imaginasi korea dan mendorong perubahan secara luas sejak awal. Itulah beberapa fakta dan alasan mengapa Korea sangat maju baik di bidang industri hiburan, ekonomi, khususnya teknologi yang telah kita bahas. Untuk mendapatkan berita berita yang up to date kamu bisa mengikuti akun Instagram kami di @mytravelink atau kunjungi websitenya mytravelink.com 

Leave a Reply

Your email address will not be published.